6 Fakta Air Terjun Madakaripura

Air terjun Madakaripura masih masuk dalam kawasan wisata Bromo. Secara administrative air terjun ini masuk di wilayah kabupaten Probolinggo. Madakripura selama ini masih terdengar awam di telinga wistawan. Namun ternyata pesona keindahannya tidak mampu ditutupi lama-lama sebelum akhirnya menjadi tempat hits sekarang ini.

Berikut fakta-fakta air terjun Madakaripura:

1. Surga Tersembunyi

Sangat pantas apabila Madakaripura disematkan menjadi salah satu surga tersembunyi yang ada di Indonesia. Keindahannya tidak akan membuat jenuh untuk sekedar memandangi atau menikmatinya.

Vegetasi sekitar, aliran air, batu-batu besar seolah menjadi perpaduan yang pas untuk semakin mempercantik air terjun ini.

2. Wilayah adminstratif Kabupaten Probolinggo

Banyak wisatawan yang tidak tahu kalau aier terjun ini masuk di kabupaten Probolinggo. Kebanyakan mengira air terjun ini masih berada di kawasan Malang atau Lumajang. Namun sebenarnya secara administrative air terjun tersebut berada di wilayah kabupaten Probolinggo.

Kabupaten Probolinggo sendiri memerlukan waktu sekitar 3 jam perjalanan dari Surabaya menggunakan bis umum.

Setelah sampai di terminal anda bisa memilih enggunakan angkot desa atau ojek untuk mengantar ke desa terakhir. Sesampainya di desa terakhir masih memerlukan tracking atau berjalan dengan jarak yang lumayan jauh.

3. Berada Jauh di Pegunungan

Air terjun ini berada diantara sela-sela pegunungan kawasan Bromo Tengger Semeru. Itu yang membuat air terjun ini jarang ada yang tahu. Selain itu aksesnya yang memang memerlukan waktu tempuh yang lumayan lama untuk bisa sampai di spot.

Namun semua lelah yang dirasakan akan tergantikan dengan pemandangan yang benar-benar spesial. Gemiricik air dari air terjun, sekeliling yang hijau asri sangat tepat jika ingin menenagkan diri.

4. Pengunjung yang makin hari makin meningkat.

Seiring dengan terblowupnya satu tempat wisata di media sosial maka orang-orang akan mulai mencari dan mendatangi tempat wisata tersebut. Media memiliki peran yang ampuh dalam mempromosikan suatu produk.

Peningkatan pengunjung ini tentu akan menambah pundi-pundi rupiah bagi masyarakatt sekitar. Karena masyarakat sekitar mendapat peluang untuk menawarkan jasa pada pengunjung.

5. Pembangunan wisata

Setelah media tau, dan sekarang menjadi viral. Maka wisata air terjun ini perlahan mulai dibangun oleh masyarakat dan pemerintah setempat. Perhatian ini yang diharapkan mampu makin meningkatkan kesadaran pembangunan potensi wisata atas dasar kerja sama dua belah pihak yaitu masyarakat dan pemerintah.

Peran aktif masyarakat juga diharapkan mampu memperkuat jaringan wisata dan semakin mengembangkan wisata air terjun tersebut.

6. Penuh mitos dan sejarah

Air terjun ini memiiki sejarah yang konon katanya dulu merupakan tanah predikan (hibah kepada patih yang berprestasi). Pada saat itu muncul satu nama yaitu patih Gajah Mada. Patih Gajah Mada dengan jargon khasnya akan menentukan apakah tanah ini akan menjadi miliknya atau bukan.

Patih Gajah Mada mempunyai karir yang bagus dan cemerlang sehingga dihadiahi sebuah tanah perdikan yang sekarang terdapat air terjunnya. Selain itu air terjun ini memiliki aura mistis. Bahkan banyak yang bilang hawa mistis di air terjun tersebut sangat kuat.

Sehingga siapapun yang berniat jelek maka akan mendapat imbalan yang sesuai begitu juga sebaliknya ketika berniat baik maka akan ditambah berkali-kali lipat pahalanya. Tempat indah memang seringkali menyisakan cerita mistis atau mitologi dibaliknya.

Apa lagi di Jawa Timur yang masih kental akan hal-hal ghaib seperti tersebut. Hampir setiap tempat itu pasti ada penunggunya. Kita yang harus menyesuaikan dan selalu bersikap santun serta baik dimanapun berada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *